Home Infotorial Pantau Pembangunan Pintu Air Dan Rumah Pompa, Walikota Dumai Imbau Masyarakat Jangan...

Pantau Pembangunan Pintu Air Dan Rumah Pompa, Walikota Dumai Imbau Masyarakat Jangan Buang Sampah Di Sungai

6
0

DUMAI, RiaunetNews.com – Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS meninjau langsung progres pembangunan pintu air dan rumah pompa, Rabu (2/11/2022).

Sebanyak 15 (lima belas) unit pintu air dan rumah pompa hidrolik yang berada disepanjang Sungai Dumai tengah digesa pembangunannya untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi.

Wali Kota Dumai, Paisal SKM MARS, beserta rombongan dari Dinas PUPR Pemko Dumai melihat dan memantau langsung progres pembangunan 4 (empat pintu) air dari 15 pintu air yang akan dibangun.

“Saat ini pembangunan terus berlangsung dan kami targetkan diakhir tahun pembangunan 15 pintu air dan rumah pompa dapat selesai hingga akhir tahun ini sehingga tahun depan kita akan mengoptimalkan pembangunan tanggul-tanggul yang ada di sepanjang Sungai Dumai,” ujar Walikota Dumai, Paisal, disela-sela tinjauannya kelapangan.

Menurut Paisal, setelah nantinya selesai pembangunan pintu air dan rumah pompa diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir di Kota Dumai.

“Dengan selesainya pembangunan pintu air dan rumah pompa ini nantinya diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir di Kota Dumai dengan kisaran 70 sampai 80 persen dari kondisi banjir yang terjadi saat ini”, ungkap Paisal.

Kata Paisal melanjutkan, dalam mengatasi permasalahan banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun masyarakat juga harus berperan aktif diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membuang sampah ke sungai yang bisa membuat tumpukan dan menghalangi aliran air.

“Saat kami melakukan pemantauan pintu air tadi, kedapatan salah seorang masyarakat membuang sampah sembarangan sementara keberadaan tong sampah tempat pembuangan sementara ada tidak jauh dari lokasi salah seorang masyarakat itu membuang sampah,” imbuh Paisal lebih lanjut.

Sementara itu, Walikota Dumai ini mengajak kepada segenap masyarakat Kota Dumai untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan memperhatikan kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Membuang sampah sembarangan apa lagi di sungai bisa menjadi salah satu faktor penyebab banjir saat ini. Pemerintah sudah menyediakan lokasi tempat tempat pembuangan sampah sementara, jadi masyarakat diharapkan dapat membuang sampah ditempat yang disediakan,” imbau Paisal.**