Home Nasional Hindari Kemacetan Di Pos Pemungutan Retribusi Parkir, Pemko Dumai Bangun Sarana Dan...

Hindari Kemacetan Di Pos Pemungutan Retribusi Parkir, Pemko Dumai Bangun Sarana Dan Prasarana Taman Perparkiran Bukit Timah

20
0

DUMAI, RiaunetNews.com – Pengguna Jalan lintas Bukit Timah, khusunya di Km 7 Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, selama ini merasa resah dengan adanya gangguan kenyamanan akibat para truck angkutan barang yang menyetor retribusi parkir di pos pembantu pemungutan Retribusi kerab mengundang kemacetan.

Dimana kemacetan yang sering terjadi adalah akibat deretan kendaraan truck besar berhenti saat sopir membayar retibusi parkir di pos pembantu pemungutan retribusi dan juga karena para truck sering memanjang berhenti sehingga para truck memakan badan jalan.

Walau para petugas mengatur sirkulasi lintas arah bagi kenderaan bermotor baik saat masuk maupun keluar kota Dumai di kawasan pos retribusi dikala membayar retribusi, akan tetapi para pengguna jalan tetap dibayangi gangguan kenyamanan karena truck besar yang notabene didominasi angkutan truck tanki CPO membuat kondisi jalan lintas itu semakin menyempit.

Oleh karena itu, menjawab keresahan warga atas gangguan kenyamanan pengguna jalan raya khususnya di wilayah pos pembantu pemungutan Retribusi parkir, Pemko Dumai melalui Dishub mulai membangun taman perparkiran retribusi di wilayah Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemko Dumai, Said Effendi, membenarkan Dinas Perhubungan Kota Dumai saat ini sedang membangun taman perparkiran angkutan kendara bermotor dimulai dari pematangan lahan atau penimbunan hingga pemadatan dan pembangunan Box Culvert sebagai jembatan memasuki taman parkir.

Untuk pengerjaan pematangan lahan atau penimbunan dan pemadatan lahan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Neo Arch Consultan, sedangkan pembangunan jembatan atau box Culvert dikerjakan oleh CV Gada Jaya dengan pengawas CV Neo Arch Consultan.

Menurut Said, agar pelayanan penerimaan retribusi parkir dan pelayanan keselamatan lalulintas bagi pengguna jalan lebih maksimal, dia (Said) berharap pengerjaan penimbunan lahan perparkiran seluas lebih kurang 1 (satu) hektare itu secepatnya tuntas dikerjakan.

“Kita mengejar target mudah-mudahan pertengahan tahun 2023 lahan parkir dan fisiknya selesai dan bisa dipakai menampung mobil truck yang ada di TPI”, Imbuh Said Effendi, saat ditemui riaunetnews.com di ruang kantornya Dishub Pemko Dumai, pagi tadi, Selasa (22/11/2022).

Disampaikan Said Effendi lagi, selain menggesa penimbunan dan pengerasan lahan perparkiran retribusi di Bukit Timah segera tuntas, menurut Said, pihaknya (Dishub) pada tahun depan (2023) akan melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana diantaranya membangun semenisasi lahan parkir.

Kemudian tambah Said menjelaskan, pihaknya juga akan membangun kantor tempat istirahat untuk para sopir dan membangun sarana kantin.***