Home Politik Ciptakan Kader Yang Militan Dan Berkualitas, Ormas Pemuda Katolik Lakukan Kursus Kepemimpinan...

Ciptakan Kader Yang Militan Dan Berkualitas, Ormas Pemuda Katolik Lakukan Kursus Kepemimpinan Dasar

24
0

DUMAI, RiaunetNews.com – Organisasi masyarakat dari Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Dumai terus mengkader Kepemudaannya agar menjadi pemuda yang militan dan berkualitas sehingga dapat memberikan kontribusi dan sumbangsihnya kepada Gereja maupun tanah air.

Pengkaderan yang dilakukan Organisasi kepemudaan Katolik ini dilaksanakan melalui kegiatan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang berlangsung di Aula SMA St. Tarsisius Kota Dumai, Minggu (30/10/2022).

Kursus KKD ini dihadiri beberapa Komisariat Cabang (Komcab) yang ada di Propinsi Riau diantaranya, Komcab Kota Pekanbaru, Komcab Kabupaten Siak, Komcab Kabupaten Bengkalis dan Komcab Kota Dumai sendiri.

Kegiatan kursus pengkaderan kepemudaan Katolik ini mengangkat tema “Menjadi Kader yang Militan, Kreatif dan Kontributif”,.

Dilaksanakannya kegiatan KKD ini merupakan rangkaian program pendidikan wajib dalam Ormas Pemuda Katolik untuk membentuk kader-kader muda yang militan dan berkualitas sehingga dapat memberikan sumbangsihnya kepada Gereja dan Tanah air.

Para Pemateri yang hadir dalam kegiatan KKD ini diantaranya, Sr.Wilda KSSY dengan materinya “Kristianitas dan Kepemimpinan Yang Melayani”, sementara Ruben Silaban dari Komisariat Daerah (Komda) Riau membawakan materi “Empowerment and Enablement”, kemudian dilanjutkan oleh Ketua Bawaslu Dumai, Zulfan, ST, dengan pemaparannya yakni “Peran Ormas Kepemudaan jelang Pesta Demokrasi 2024” dan diakhiri oleh perwakilan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Ignatius Ganjar Tri Hantoro menyajikan “Kaderisasi, Kebijakan Strategis Pengurus Pusat dan Action Plan”.

Ignatius Ganjar Tri Hantoro, dalam kesempatan kegiatan tersebut menyampaikan sambutannya dengan mengatakan bahwa kegiatan KKD tersebut merupakan rutinitas wajib dari Pemuda Katolik yang harus dilaksanakan seluruh Komcab di Indonesia.

“Pemuda Katolik saat ini sedang gencar-hencarnya melakukan penguatan basis di tingkat Komcab agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik dalam mewujudkan kaum muda yang tangguh dan memiliki SDM yang mumpuni.” Imbuh Ignatius Ganjar.

Sementara itu juga, Ketua Komda Riau, Lorensius Purba, berharap agar seluruh pemuda Katolik Komisariat Cabang di Riau dapat melaksanakan KKD untuk para anggotanya sebagaimana Komcab Dumai yang baru berdiri sudah melahirkan kader-kader militan.

“Komcab Dumai yang baru berdiri sekitar 1,5 tahun ini, sudah banyak melaksanakan kerja organisasi dan melahirkan kader-kader militan, sehingga patut menjadi contoh bagi Komcab-komcab lain di Riau.” tandas Loressius Purba.

Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan ST, yang turut hadir dalam acara kegiatan KKD dalam paparan materinya mengatakan bahwa ormas Kepemudaan sangat diharapkan untuk ikut ambil bagian dalam pengawasan penyelenggaraan pesta rakyat Pemilu 2024. “Ormas kepemudaan sangat diharapkan ikut ambil bagian dalam pengawasan penyelenggaraan pesta rakyat Pemilu tahun 2024”, imbuh Zulfan.

Sementara itu, Ketua Komcab Dumai, Cassarolly Sinaga,S.H.,M.H, selaku tuan rumah pelaksanaan KKD dalam kesempatan itu berharap agar kegiatan KKD menjadi wadah bagi kaum muda gereja untuk menimba ilmu dan mengembangkan pengalaman.

“Dengan diselenggarakannya KKD ini, kita berharap kaum muda gereja yang menjadi garda terdepan bangsa, memberikan kontribusi yang positif ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadilah kader-kader yang militan, berkorban tanpa pamrih dalam melaksanakan program dan kebijakan Ormas Pemuda Katolik Indonesia.” ujar Cassarolly Sinaga.

Kegiatan KKD ditutup dengan diskusi ringan dan saling berbagi pengalaman antara Komda Riau dan Komisariat Cabang yang hadir.

Editor : Tambunan