Home Kesehatan Antisipasi Kemungkinan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Di Pelabuhan, KKP Dumai Gelar Pertemuan Reviu...

Antisipasi Kemungkinan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Di Pelabuhan, KKP Dumai Gelar Pertemuan Reviu Dokumen Rencana Kontijensi Penanggulangan

20
0

DUMAI, RiaunetNews.com – Antisipasi kemungkinan terjadi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di wilayah Pelabuhan, dengan itu, sejumlah lintas sektor terkait adakan rapat pertemuan Reviu Dokumen Rencana Kontijensi Penanggulangan bila terjadi kedaruratan tersebut.

Rapat pertemuan Reviu Dokumen Rencana Kontijensi (Rekon) ini dihadiri oleh Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, yang digelar di ruang Ballroom Hotel Grand Zuri, Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai, pagi tadi, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai diwakili Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Lala) Capt. Agus Afrianto, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Dumai, Ismail Bakhri Siregar, S.Si, M.Kes dan Direktur RSUD Kota Dumai, drg. Ridhonaldi, MKM.

Sebanyak 62 peserta dari lintas program dan lintas sektor terkait yang ada di pelabuhan maupun di wilayah Kota Dumai tampak hadir mengikuti dengan khidmat pertemuan reviu tersebut.

Kegiatan ini juga diperkuat dengan hadirnya narasumber Pusat dari Sub Direktorat Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Subdit Karkes Ditjen P2P), Budi Hardiansyah, SKM, M.Epid.

Pertemuan reviu digelar KKP Kelas II Dumai sebagai wadah penguatan koordinasi, memperoleh kesepakatan dan komitmen bersama dari berbagai pihak lintas sektor terkait untuk menghadapi kemungkinan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Kesepakatan dan komitmen pertemuan dituangkan dalam bentuk dokumen reviu rencana kontinjensi penanggulangan KKM di Wilayah Pelabuhan Dumai sebagai sebuah persyaratan yang harus ada di Pintu Negara (Point of Entry) sesuai dengan Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) tahun 2005.

Berdasarkan informasi yang didapat Tim Peliput Kominfo Dumai, dokumen rencana kontijensi penanggulangan KKM di wilayah Pelabuhan Dumai telah pernah dibuat pada tahun 2018.

Tetapi seiring dengan waktu dan perkembangan pola penyakit dan munculnya penyakit-penyakit baru serta penyakit potensial wabah yang menjalar hampir pada seluruh penjuru dunia, dokumen yang telah dibuat sudah tidak sesuai lagi dan perlu dilakukan pembaharuan agar dapat dipergunakan sesuai dengan perkembangan waktu.

Atas nama Pemerintah, Walikota Dumai, Paisal SKM MARS, mendukung dan mengapresiasi dengan dilaksananya kegiatan pertemuan Reviu Dokumen Rencana Kontijensi (Rekon) Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di Wilayah Pelabuhan Dumai Tahun 2022. *** Diskominfo.dumai.